Rules

Latar Belakang dan Tujuan

Vivo dalam hal ini merupakan penyelenggara dari Vivo Esports Cup 2020. Guidelines ini menetapkan aturan umum yang berlaku untuk permainan Vivo Esports Cup 2020  termasuk aturan yang mengatur kelayakan peserta, struktur turnamen, struktur poin, hadiah, dan perilaku peserta.

Peraturan Kompetisi ini berlaku untuk setiap tim ("Tim") atau perseorangan yang telah mendaftar untuk Vivo Esports Cup 2020 sesuai dengan Prosedur dan Aturan Registrasi dan untuk setiap peserta, manajer, pelatih, dan perwakilan Tim masing-masing (secara kolektif " Anggota Tim"). Tim akan dipilih untuk berpartisipasi dalam Vivo Esports Cup 2020 melalui berbagai mekanisme.

JIKA PESERTA DARI VIVO ESPORTS CUP 2020 TIDAK MENYETUJUI DAN TIDAK MENGIKUTI ATURAN YANG TELAH BERLAKU, MAKA PESERTA DIANGGAP TIDAK DAPAT MENGIKUTI SELURUH RANGKAIAN VIVO ESPORTS CUP 2020

 

A. Tentang Pendaftaran

Vivo Esports Cup 2020 akan diselenggarakan secara online dengan pembagian 6 regional pulau kualifikasi  di Indonesia (Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Bali NTT NTB, dan Papua Maluku) dengan game PUBG Mobile dan Mobile Legends Bang Bang. Adapun kuota peserta PUBG Mobile berjumlah 40 Tim di setiap regional pulau kualifikasi dan Mobile Legends Bang Bang berjumlah 32 Tim di setiap regional pulau kualifikasi. Grand final akan dilaksanakan di Jakarta.

Alur Registrasi yang akan ditentukan oleh penyelenggara Vivo Esports Cup 2020 adalah sebagai berikut:

  1. Tim harus mendaftarkan diri terlebih dahulu di situs Vivo Esports Cup 2020.
  2. Penyelenggara akan mengkualifikasi calon peserta sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh tim penyelenggara.
  3. Pihak Penyelenggara akan mengumumkan Tim-Tim (Sesuai dengan area regional pulau kualifikasi) yang akan bertanding pada Vivo Esports Cup 2020 di situs Vivo Esports Cup 2020.
  4. Tim pendaftar tercepat dengan syarat administrasi lengkap dan telah lolos kualifikasi pihak Penyelenggara yang berhak menjadi peserta Vivo Esports Cup 2020.
  5. Keputusan pihak Penyelenggara dalam hal ini adalah final dan tidak dapat diganggu gugat.

 

B. Regulasi

Kebutuhan Pemain

Berikut adalah syarat yang harus diikuti oleh pemain untuk mengikuti tahap kualifikasi Vivo Esports Cup 2020.

  1. Regional Pulau
  • Setiap tim yang mengikuti kualifikasi Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Bali NTT NTB, dan Papua Maluku wajib mendaftar sesuai dengan pulau kualifikasi regional.
  • Syarat pemain untuk mengikuti kualifikasi area adalah di setiap tim memiliki minimal 2 pemain ber KTP/NIK serta KK sesuai dengan pulau yang telah ditetapkan penyelenggara. Contoh: pendaftar kualifikasi regional pulau Bali NTT NTB minimal dalam 1 tim memiliki 2 pemain dengan domisili Bali/NTT/NTB

Kebutuhan Tim

  1. Minimum umur pemain yang akan menjadi peserta Vivo Esports Cup 2020 adalah 17 tahun.
  2. Seluruh tim dilarang mengganti roster selama turnamen berlangsung setelah dilakukannya pendaftaran.
  3. Tim yang lolos dari kualifikasi area regional pulau akan bertanding di babak Grand Final Vivo Esports Cup 2020 di Jakarta.
  4. Satu organisasi dilarang memiliki 2 tim atau lebih yang berkompetisi di seluruh wilayah kualifikasi

Mobile Legends

Setiap tim wajib memiliki:

  • 5 pemain utama
  • 1 Manajer (Jika tidak ada diwakili kapten tim)
  • 1 Pemain cadangan (Opsional)

List Ban Tim

  • Seluruh pemain anggota dari Organisasi Esports yang mengikuti MPL (Mobile legends professional league) dan MDL (Mobile legends development league)

PUBG Mobile

Setiap tim wajib memiliki:

  • 4 pemain utama
  • 1 Manajer (Jika tidak ada diwakili kapten tim)
  • 1 Pemain Cadangan (opsional)

List Ban Tim

  • Seluruh pemain anggota dari Organisasi Esports yang mengikuti PMPL (PUBG Mobile Professional League)

 

C. Skema Turnamen

PUBG Mobile

  • Kualifikasi Regional Pulau
    40 tim peserta akan dibagi menjadi 2 group di masing-masing kualifikasi regional pulau, di mana terdapat 20 tim per group. Setiap group akan memainkan 2 round. 10 tim setiap group dengan akumulasi point tertinggi akan masuk ke babak final kualifikasi pulau.
  • Final Kualifikasi Regional Pulau
    20 tim hasil dari kualifikasi regional pulau akan mempertandingkan 2 round. Setiap final kualifikasi pulau akan meloloskan 3 tim dengan point tertinggi untuk berlaga di babak final kualifikasi nasional.
  • Babak Kualifikasi Nasional
    18 tim hasil dari final kualifikasi pulau yang berasal dari 6 kualifikasi pulau akan bertanding sebanyak 3 round. 16 tim dengan raihan point tertinggi akan berlaga di babak Grand Final Vivo Esports Cup 2020.
  • Grand Final
    16 tim akan bertanding secara offline di studio yang telah ditentukan oleh penyelenggara. Grand final akan mempertandingkan 5 round untuk menentukan juara Vivo Esports Cup 2020

Mobile Legends Bang Bang

  • Kualifikasi Regional Pulau
    32 tim peserta di masing-masing kualifikasi regional pulau di 6 kualifikasi pulau akan mempertandingkan Mobile Legends Bang Bang dengan sistem single elimination. 1 tim pemenang di masing-masign kualifikasi regional pulau akan masuk ke babak final kualifikasi pulau.
  • Final Kualifikasi Nasional
    6 tim hasil dari kualifikasi regional pulau akan dibagi menjadi 2 group, di mana masing-masing group berisikan 3 tim dengan skema pertandingan round robbin. 2 tim dengan akumulasi point tertinggi di masing-masing group akan melaju ke babak Grand Final Vivo Esports Cup 2020 di Jakarta.
  • Grand Final
    4 tim dengan hasil dari kualifikasi akan bertanding di Grand Final Vivo Esports Cup 2020. Pada pertandingan ini akan menggunakan skema double elimination.

 

D. Nama Tim, Tag Tim, Bendera, dan Nama Player

  1. Nickname pemain tidak boleh lebih dari 12 karakter, terdiri dari huruf, angka, dan/atau spasi tunggal.
  2. Nama mencakup huruf besar, huruf kecil, angka (0—9), atau spasi tunggal antara kata-kata saja. Jika karakter khusus digunakan, maka penyelenggara berhak untuk memberi peringatan untuk mengganti nick name yang memakai simbol khusus. Nama pemain tidak boleh mengandung unsur pornografi dan kata-kata kotor.
  3. Sangat disarankan peserta menggunakan nickname yang tidak menggunakan simbol khusus
  4. Semua tag tim, nama tim, dan nama pemain harus disetujui oleh penyelenggara sebelum digunakan dalam permainan. Pergantian nama di tengah turnamen tidak diperbolehkan, kecuali dalam kondisi tertentu dan harus ada persetujuan dari pihak penyelenggara. Semua tim akan diberi kesempatan untuk mengubah jika mendapatkan sponsor selama periode Vivo Esports Cup 2020 berlangsung. Penyelenggara memiliki kuasa untuk menolak nama tim jika tidak sesuai standar yang ditentukan. Keputusan penyelenggara dalam hal ini adalah final dan tidak dapat diganggu gugat.

 

E. Sponsor

  1. Penyelenggara berhak untuk menentukan sponsor acara. Acara VIVO Esports Cup 2020 yang diselenggarakan Vivo Indonesia selaku penyelenggara tidak melibatkan sponsor pribadi masing masing Tim, sehingga segala atribut masing-masing Tim yang menggunakan logo dan identitas sponsor pribadi tidak diperkenankan untuk dikenakan dan ditampilkan selama kegiatan VIVO Esports Cup 2020 berlangsung.
  2. Penyelenggara berhak mendiskualifikasi Tim yang tidak memenuhi ketentuan ini, dan keputusan Penyelenggara dalam hal ini adalah final dan tidak dapat diganggu gugat.

 

F. Hak Penyelenggara

  1. Penyelenggara dapat mengesampingkan aturan yang disebutkan di atas berdasarkan situasi kasus per kasus.
  2. Apabila anda memutuskan untuk membuat data pribadi Anda tersedia untuk dipublikasikan di Vivo Esports Cup 2020, maka Anda setuju bahwa data ini akan dikirim tanpa proses enkripsi terlebih dahulu dan bahwa Vivo Esports Cup 2020 berhak menyimpan dan menggunakan data yang dimaksud sesuai dengan ketentuan privasi data dari Vivo Esports Cup 2020 dan berdasarkan hukum serta peraturan perlindungan data pribadi yang berlaku.
  3. Dengan mendaftarkan diri sebagai peserta Vivo Esports Cup 2020, anda setuju untuk secara otomatis menjadi anggota vivo Club Member berdasarkan syarat dan ketentuan vivo Club Member.
  4. Seluruh Tim yang berhasil lolos ke babak grand final wajib menggunakan jersey yang telah disediakan oleh penyelenggara.
  5. vivo Indonesia sebagai penyelenggara berhak untuk mengubah syarat dan ketentuan dan mekanisme program tanpa pemberitahuan sebelumnya.
  6. Keputusan penyelenggara selama turnamen adalah final dan tidak dapat diganggu gugat.

 

G. Peralatan

  1. Penyelenggara tidak bertanggung jawab atas masalah koneksi yang terjadi pada saat kualifikasi online berlangsung.
  2. Peserta wajib menggunakan device yang telah di sediakan oleh panitia selama berlangsungnya acara pada saat grand final.
  3. Panitia hanya menyediakan terminal listrik untuk kebutuhan peserta pada saat grand final. Kebutuhan lain terkait dengan turnamen menjadi tanggungan peserta selama kegiatan berlangsung.
  4. Panitia menyediakan koneksi Wi-Fi selama kualifikasi grand final berlangsung, dengan ketentuan device yang digunakan memiliki fitur wireless A atau dapat terkoneksi dalam jaringan 5Ghz. Jika mengalami lag selama terkoneksi Wi-Fi, menjadi tanggungjawab pemain untuk bermain menggunakan paket data/provider internetnya sendiri.

 

H. Hadiah Uang

  1. Semua hadiah akan didistribusikan melalui data yang diisi oleh kapten/manager tim yang akan dikirimkan melalui email Tim yang terdaftar.
  2. Kapten atau manajer Tim diharuskan untuk memberikan rincian yang cukup bagi Penyelenggara untuk melanjutkan proses transfer bank dari berbagai hadiah uang tunai dan subsidi.
  3. Seluruh hadiah akan diterima paling lambat 90 hari kalender setelah seluruh rangkaian turnamen selesai.

 

I. Lain-lain

  1. Tim diminta untuk membagikan semua video langsung dan video yang diproduksi dari Vivo Esports Cup 2020 ke halaman Facebook Tim mereka masing-masing dan akun sosial media lainnya.
  2. Seluruh peserta tidak dapat menolak wawancara yang diminta oleh penyelenggara sebelum dan setelah pertandingan selama Vivo Esports Cup 2020.
  3. Peserta dengan pendaftar tercepat yang akan mendapatkan kesempatan utama dalam keikutsertaan turnamen bila persyaratan telah dipenuhi dan telah lolos kualifikasi dari panitia Penyelenggara.